Aturan Akademik

Demi terciptanya interaksi positif antara civitas akademika di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Mah-Eisa” Manokwari, serta pedoman pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 1990 Pasal 106 dan 107 tentang Ketentuan Hak dan Kewajiban Mahasiswa, maka diatur sebagai berikut :

A. Hak Mahasiswa

  1. Mahasiswa adalah mahasiswa STIE MAH-EISA Manokwari yang merupakan unsur dari civitas akademika.
  2. Mahasiswa yang memenuhi syarat administratif dan akademik berhak atas :
    1. Kesempatan mengikuti Kuliah, Praktikum dan Kegiatan Akademik lainnya menurut Kurikulum dan Jadwal yang berlaku.
    2. Menempuh Ujian baik ujian tengah semester maupun akhir semester.
    3. Merencanakan kegiatan studi setiap semester bersama dengan dosen pembimbing yang ditunjuk.
    4. Menjadi anggota perpustakaan setelah memenuhi ketentuan khusus tentang keanggotaan perpustakaan.
    5. Menjadi anggota dan pengurus organisasi kemahasiswaan dan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.
    6. Mendapatkan pelayanan di bagian administrasi, perpustakaan dan sebagainya.
    7. Berhak mengambil cuti kuliah.
    8. Menerima ijazah tepat pada waktunya sesuai ketentuan yang berlaku.

B. Kewajiban Mahasiswa

Disamping hak-hak yang diberikan kepada mahasiswa, maka sebagai konsekuensinya mahasiswa dituntut memenuhi kewajiban-kewajiban antara lain :

  1. Menjunjung tinggi dan ikut memajukan mutu serta nama STIE MAH-EISA di dalam maupun di luar kampus.
  2. Tidak mencemarkan nama pimpinan, dosen, karyawan, dan seluruh civitas akademika.
  3. Menyiapkan diri untuk secara terus-menerus mengikuti kegiatan akademik yang diselenggarakan.
  4. Menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen tepat pada waktunya.
  5. Bertingkah laku, berdisiplin dan bertanggung jawab sehingga suasana belajar mengajar tidak terganggu.
  6. Tidak merusak dan menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana yang ada di STIE MAH-EISA.
  7. Memelihara penampilan sesuai dengan statusnya sebagai mahasiswa yang berkepribadian.

Mahasiswa yang nyata-nyata melanggar ketentuan-ketentuan di atas dapat ditegur secara lisan maupun tertulis, dan bisa dikenakan :

  1. Sanksi administratif dan/atau keuangan.
  2. Skorsing.
  3. Dikeluarkan dari STIE MAH-EISA Manokwari.

C. Tata Kesopanan Mahasiswa

Untuk mengembangkan diri ke arah terciptanya suasana kekeluargaan antar civitas akademika, maka diperlukan sikap untuk saling menghargai dan membantu dalam mewujudkan kepentingan bersama dengan menjunjung tinggi nilai-nilai intelektualitas.

  1. Sikap mahasiswa terhadap orang lain
    1. Menghormati dosen dan karyawan.
    2. Menghargai sesama rekan.
    3. Menjunjung tinggi almamater dalam masyarakat luas.
  2. Penampilan
    1. Wajib berpakaian pantas dan rapih setiap kali memasuki lingkungan kampus.
    2. Pria wajib mengenakan kemeja, dan wanita berpakaian sopan dan rapi, serta tidak diperkenankan menggunakan make-up secara berlebihan.
    3. Tidak diperbolehkan mengenakan kaos oblong dan sandal di lingkungan kampus.

D. Pergaulan dan Tingkah Laku

Melakukan pergaulan yang wajar antar mahasiswa dan mahasiswi dengan tetap menghormati nilai-nilai kesopanan dan kesusilaan serta bertanggung jawab atas akibat perilakunya.

Berkembangnya sikap tersebut merupakan salah satu ciri intelektualitas mahasiswa. Ciri utama sikap intelektualitas adalah senantiasa mendahulukan komprehensif dalam menanggapi permasalahan.

Mahasiswa juga harus memiliki tingkah laku:

  1. Diwajibkan hadir sekurang-kurangnya 10 menit sebelum jam perkuliahan dimulai.
  2. Tidak diperbolehkan merokok atau makan apa saja di ruang kuliah.
  3. Tidak menimbulkan gangguan atas kuliah/ujian yang sedang berlangsung.
  4. Selama jam kuliah berlangsung tidak diperkenankan meninggalkan ruang kuliah, kecuali dengan alasan tertentu.
  5. Menghormati hak milik akademi, serta tidak merusak/mengotori sarana yang ada.

Mahasiswa STIE MAH-EISA Manokwari diwajibkan sepenuhnya memenuhi kewajiban yang tertera dalam peraturan ini, bilamana ternyata dikemudian hari terjadi pelanggaran akan diberikan sanksi sebagaimana mestinya.

E. Peraturan Akademik

  1. Batas Masa StudiMasa studi ditetapkan:
    1. Untuk program Strata 1 (S-1) semua jurusan adalah maksimum 8 (delapan) tahun atau 16 (enam belas) semester.
    2. Untuk program Diploma 3 (D-3) semua jurusan adalah maksimum 6 (enam) tahun atau 12 (dua belas) semester.
  2. Cuti StudiCuti studi adalah tidak aktifnya mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan dan praktikum dan secara administrasif melaporkan dan her-registrasi sesuai dengan ketentuan dan aturan.Syarat dan ketentuan cuti:
    1. Program Diploma 3 (D-3) adalah maksimal 2 semester baik secara berturut-turut maupun berselang.
    2. Program Strata 1 (S-1) adalah maksimal 4 semester baik secara berturut-turut maupun berselang.

    Mahasiswa yang mengambil cuti sesuai ketentuan dan aturan, tidak mengurangi masa studi, sedangkan mahasiswa yang tidak aktif (diluar cuti resmi), masa studi berkurang sesuai masa tidak aktifnya.

  3. Mengikuti Ujian Tengah/Akhir Semester
    Syarat mengikuti ujian:

    1. Terdaftar secara administrasi pada semester/tahun perkuliahan yang berjalan dan terdaftar untuk mata kuliah yang bersangkutan (dibuktikan dengan Kartu Rencana Studi /KRS)
    2. Tidak terkena sanksi akademis
    3. Tidak sedang cuti kuliah
    4. Memenuhi persyaratan akademis lainnya (kehadiran dll) yang telah ditetapkan.
    5. Telah menyelesaikan semua kewajiban administrasi / keuangan.
    6. Mematuhi tata tertib ujian, yaitu:Tata Tertib Ujian:
      1. Peserta Ujian diwajibkan :
        1. Mengenakan pakaian rapi sopan, tidak diperkenankan mengenakan Kaos (T-Shirt) dan harus bersepatu (bukan sepatu sandal);
          1. Pria : Memakai Jas Almamater, Hem, dan bercelana panjang
          2. Wanita : Memakai Jas Almamater, Hem, bawahan / rok dan tidak diperkenankan memakai celana panjang.
        2. Harus selalu membawa KRS (kartu ujian) dan Kartu Mahasiswa yang berlaku bila tidak membawa KRS atau KARTU MAHASISWA atau KARTU IDENTITAS DIRI yang lain maka tidak diperkenankan mengikuti ujian yang diselenggarakan pada saat itu.
        3. Telah hadir dilokasi ujian sekurang-kurangnya 15 menit sebelum ujian dimulai, keterlambatan lebih dari 30 menit tidak diperkenankan mengikuti ujian yang diselenggarakan pada waktu itu.
        4. Menempati kursi yang telah ditentukan, sesuai dengan nomor.
        5. Mengisi presensi uiian yang telah disediakan rangkap 3.
        6. Mengisi identitas diri pada lembar jawaban, antara lain : Nama, Nomor Mahasiswa, Tanggal Ujian, Nama Dosen, Tanda Tangan dan Nomor Urut Presensi sesuai nomor presensi ujian yang sedang diujikan.
        7. Peserta yang telah selesai mengerjakan Soal Ujian boleh meninggalkan ruang ujian setelah waktu ujian berjalan 30 menit.
        8. Bagi yang sudah selesai, lembar jawaban harap diletakkan di meja/kursi ujian masing-masing atau sesuai petunjuk pengawas Ujian.
        9. Menjaga ketertiban dan ketenangan.
      2. Selama ujian berlangsung peserta ujian tidak diperkenankan :
        1. Menanyakan jawaban soal kepada siapapun
        2. Bekerjasama dengan peserta lain
        3. Memberi dan menerima bantuan dalam menjawab soal
        4. Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan-peserta lain
        5. Pinjam meminjam buku, catatan dan alat tulis termasuk kalkulator.
        6. Makan, minum maupun merokok.
        7. Membawa barang selain alat tulis, kecuali atas ijin pengawas.
        8. Bekerja sama antar peserta ujian.
        9. Menggeser / memindahkan kursi, kecuali atas ijin pengawas.
        10. Memasuki ruangan sebelum diijinkan.
        11. Meninggalkan ruangan tanpa seijin pengawas.
        12. Membawa / menggunakan alat komunikasi (HP).
      3. Pelanggaran terhadap hal tersebut diatas akan langsung dicatat dalam Berita Acara Ujian tanpa pemberitahuan.
  4. Pendaftaran Pembuatan Tugas Akhir (D3)Pendaftaran Tugas Akhir adalah pengambilan mata kuliah Tugas Akhir pada Kartu Rencana Studi dengan syarat sbb :
    1. Tugas akhir dalam kelompok/perorangan (1 kelompok maksimal 4 mahasiswa)
    2. Terdaftar pada semester yang bersangkutan
    3. SKS yang sudah ditempuh dan lulus minimal 90 sks dengan ipk >=2.00
    4. Sudah atau sedang menempuh Mata Kuliah Metodologi Penelitian
    5. Menyerahkan abstraksi tugas akhir yang akan diambil
    6. Syarat-syarat penulisan Tugas Akhir diatur dalam Buku Panduan Penulisan Tugas AkhirSetelah melakukan pendaftaran tugas akhir mahasiswa akan mendapatkan :
      1. Kartu Bimbingan Pembuatan Tugas akhir yang berlaku pada semester yang bersangkutan, dan wajib dibawa setiap kali bimbingan
      2. Surat untuk diberikan kepada Dosen Pembimbing Tugas Akhir
  5. Pendaftaran Pembuatan Skripsi (S1)Pendaftaran Skripsi adalah pengambilan mata kuliah Skripsi pada Kartu Rencana Studi dengan syarat IPK > 2,00 , dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Terdaftar pada semester yang bersangkutan
    2. SKS yang sudah ditempuh minimal 120 sks
    3. Sudah atau sedang menempuh Mata Kuliah Metodologi Penelitian
    4. Menyerahkan abstraksi skripsi yang akan diambil
    5. Syarat-syarat penulisan Skripsi diatur dalam Buku Panduan Penulisan Skripsi

    Setelah melakukan pendaftaran skripsi mahasiswa akan mendapatkan

    1. Kartu Bimbingan Skripsi yang berlaku pada semester yang bersangkutan dan wajib dibawa setiap kali bimbingan
    2. Surat untuk diberikan kepada Dosen Pembimbing Skripsi
  6. Syarat untuk mengikuti Ujian Tugas Akhir/SkripsiUjian Tugas Akhir/Skripsi dilaksanakan setiap bulan (dengan memperhatikan jumlah pendaftar). Pendaftaran ujian dilaksanakan tanggal 1 s.d 10 dan pelaksanaan ujian dimulai tanggal 15, dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Lulus semua mata kuliah kecuali Tugas Akhir/Skripsi (ipk>=2.00, nilai D tidak lebih dari 25% total sks, tidak ada nilai E)
    2. Mengisi formulir pengajuan Ujian tugas Akhir/skripsi setiap awal bulan
    3. Mengumpulkan 2 eksemplar untuk Tugas Akhir atau 3 eksemplar untuk Skripsi (belum dijilid) yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing Tugas Akhir/Skripsi Jurusan masing masing
    4. Telah melunasi biaya administrasi
  7. Syarat Mengulang Ujian Tugas Akhir/Skripsi
    1. Pada ujian sebelumnya dinyatakan tidak lulus ujian tugas akhir atau skripsi
    2. Mengisi formulir pengajuan Ujian tugas Akhir setiap awal bulan
    3. Mengulang hanya diperbolehkan sebanyak 3 kali, jika sudah mengulang sebanyak 3 kali dan dinyatakan belum lulus maka diwajibkan mengulang membuat Tugas akhir/skripsi dari awal dengan mengganti topik.
  8. Alih Jalur dari D3 ke S1Permohonan pindah jenjang dari D3 ke S1 dapat diajukan apabila :
    1. Dari jenjang D3 Jurusan Akuntansi pindah jenjang ke S1 Manajemen
    2. Telah Lulus D3 dengan IPK > 2,00
    3. Telah mengikuti Yudisium dan dinyatakan Lulus Yudisium
    4. Lulus Tes Seleksi
  9. YudisiumYudisium diselenggarakan setiap bulan setiap akhir periode Ujian Pendadaran dalam satu tahun akademik. Mahasiswa bisa mengikuti yudisium apabila telah menempuh jumlah minimal dari seluruh SKS yang ditentukan baik mata kuliah wajib, mata kuliah konsentrasi dan mata kuliah pilihan berdasarkan kurikulum yang berlaku.
    1. Syarat mengikuti Yudisium :Telah dinyatakan Lulus seluruh mata kuliah baik mata kuliah wajib, pilihan maupun konsentrasi termasuk lulus tugas akhir/skripsi.
    2. Prosedur Yudisium
      1. Yudisium dilaksanakan per periode
      2. Pengambilan formulir yudisium dilaksanakan pada tanggal 01 sampai dengan 10 setiap bulan
      3. Pengembalian formulir yudisium dilaksanakan antara tanggal 11 sampai dengan 20 setiap bulan
      4. Tempat pengembalian formulir yudisium di sekretariat jurusan
    3. Pengembalian Formulir Yudisium di lampiri
      1. Pas photo 4×6 (terbaru) 5 lembar hitam putih (dengan mengenakan Toga, bagi yang memakai jilbab, jilbab berwarna putih dan memakai Toga). Pada bagian belakang Pas Photo dituliskan nama dan no. mhs, kemudian dimasukkan kedalam kantung plastik kecil
      2. Foto Copy STTB/Ijazah SLTA yang telah dilegalisir 1 Lembar
      3. Surat bukti penyerahan tugas akhir/skripsi yang telah di hard cover beserta disket/CD berisi program aplikasi, dari perpustakaan STIE MAH-EISA Manokwari

      Hasil yudisium akan diumumkan pada tanggal 25 untuk setiap bulannya. Apabila ada hal hal yang belum jelas dan ada kekeliruan penulisan agar menghubungi sekretariat jurusan.

  10. WisudaWisuda dilaksanakan sesuai dengan Kalender Akademik.
    Syarat Wisuda :

    1. Telah lulus Yudisium
    2. Mengambil formulir pendaftaran wisuda.
    3. Membayar biaya wisuda di Bank yang telah ditunjuk oleh lembaga.
    4. Formulir dikembalikan setelah meminta pengesahan dari bagian :
      1. BAU,
      2. PERPUSTAKAAN,
      3. UPT Laboratorium,
      4. JURUSAN,

      Lebih lanjut tentang ketentuan wisuda bisa dilihat di pengumuman wisuda yang diumumkan kemudian.

  11. Ijazah dan TranskipIjazah adalah tanda bukti kelulusan mahasiswa yang diberikan apabila telah memenuhi seluruh kewajiban baik secara akademis maupun administratif dan hanya diberikan satu kali.Syarat pengambilan Ijazah dan Transkrip Nilai :
    1. Telah mengikuti Wisuda
    2. Menyerahkan surat keterangan / bukti telah mengikuti wisuda.
    3. Menyerahkan Kartu Mahasiswa (KTM) yang berlaku.
    4. Menandatangani berita acara pengambilan Ijazah dan Transkrip Nilai.